Jenis latihan senam trampolin

  1. Jumping jacks

Latihan senam trampolin dengan langkah jumping jacks di awali dengan berdiri tegak, kedua tangan di samping badan. Kemudian, lompat sembari mengangkat kedua tangan ke atas kepala. Lalu, kembali ke posisi semula. Jumping jacks bisa dilaksanakan sepanjang 1-3 menit.

trampolin
  1. Pelvic floor jumps

Ketika laksanakan pelvic floor jumps, menempatkan exercise ball atau balok di pada kedua lutut. Kemudian, lompat perlahan sembari fokus pada otot panggul. Jangan lupa tekan bola atau balok dengan kedua paha dalam. Latihan ini bisa dilaksanakan sepanjang 1-3 menit.

  1. Tuck jumps

Gerakan senam trampoline berikutnya adalah tuck jumps. Posisi awal adalah berdiri, kemudian lompat sembari mengangkat kedua lutut ke dada. Saat mendarat, laksanakan lompatan biasa. Kemudian, susul dengan lompat sembari mengangkat kedua lutut. Lakukan latihan ini sepanjang 1-3 menit.

  1. Squat jumps

Gerakan squat jumps termasuk bisa dilaksanakan dengan senam trampoline. Caranya, berdiri kemudian lompat dan buka kedua tangan lebih lebar dari pinggang. Kemudian, mendaratlah dengan posisi squat. Pastikan kedua lutut menekuk agar paha sejajar dengan lantai.

  1. Butt kicker jumps

Senam trampoline dengan butt kicker jumps dilaksanakan dengan berlari kecil di tempat. Kemudian, tekuk kedua lutut dan lompat sambil menendang kedua pantat dari belakang. Kedua kaki mengarah ke pantat dan laksanakan sepanjang 1-3 menit.

  1. Twists

Senam trampoline dengan langkah twists dilaksanakan dengan berdiri tegak, kedua tangan berada di samping tubuh. Kemudian, lompat dan putar kedua kaki ke kiri sementara tubuh berputar ke kanan.

Kembali ke posisi pada awalnya sementara mendarat. Setelah itu, lompat dan laksanakan putaran ke arah sebaliknya. Latihan ini bisa dilaksanakan sepanjang 3 set dengan 8-16 repetisi.

  1. Pike jumps

Dalam gerakan pike jumps, posisi awal adalah berdiri tegak. Kemudian, lompat dan rentangkan kedua kaki ke depan. Kedua tangan termasuk diarahkan ke depan untuk menyentuh kedua kaki. Lakukan latihan ini sepanjang 1-3 menit.

  1. Single-leg bounces

Senam trampoline single-leg bounces adalah latihan keseimbangan untuk pemula. Caranya adalah dengan membebankan bobot tubuh ke salah satu kaki dan mengangkat kaki satunya. Kemudian, melompat di trampoline sepanjang 2 menit. Lakukan bergantian dengan sisi tubuh satunya.

  1. Vertical jumps

Untuk laksanakan vertical jumps, lompat dengan kedua kaki tetap rapat dari posisi berdiri. Di sementara yang sama, angkat kedua tangan ke atas kepala. Kemudian, turun ke posisi semula. Lakukan latihan ini sepanjang 1-3 menit.

Latihan senam trampoline bisa dilaksanakan cocok dengan kemampuan. Bagi yang baru memulai dan masih belum terbiasa, bisa melatih keseimbangan khususnya dahulu. Namun jikalau sudah terbiasa, maka gerakan latihan senam trampoline bisa tambah banyak ragam dengan repetisi tambah banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *